Cara BackUp Data OperaMini s60v3

Assalamu’alaikum…

Bagaimana kabarnya juragan-juragan?

Kembali lagi, udah lama rasanya tidak nongkrong dimari, blog sederhana tanpa penghuni. Hix hix hix…

Tak apalah. Kali ini mau share trik dan tutorial cara backup data OperaMini, save page, bookmark, dan setting OperaMini.


Untuk Anda yang ingin membackup data OperaMini, mulai dari save page, bookmark, dan setting OperaMini, dengan alasan ingin mengupdate OperaMini atau me refresh ulang ponsel Symbian yang mulai lambat, mungkin Anda perlu membackup data-data tersebut yang ada di OperaMini, dimana tersimpannya sebuah halaman penting, atau bookmark link yang sangat penting. Maka dari itu sangat perlu sekali untuk membuat sebuah cadangan data OperaMini untuk kemudian dipulihkan kembali.

Untuk membackup data-data OperaMini sangatlah mudah, karena hanya menggunakan sebuah aplikasi bernama X-Plore saja. Untuk cara backup data OperaMini langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka X-Plore, kemudian aktifkan “Show system files/folder” untuk mengakses file system Opera Mini tersebut
  2. Masuk ke direktori folder C:\System\Apps\OperaMini, atau E:\System\Apps\OperaMini, (tergantung dimana Anda menginstal Opera Mini). CATATAN: Jika Anda menggunakan Opera Mini Modif/Headler (editan Opera Mini gratis internet), biasanya folder OperaMini bernama lain, seperti; Olamixl, OferaMini, OpminThree, dan lain-lain;
  3. Mark/tandai folder ds, keychain, savedpages, dan file datastore.ini. Kemudian copy dan tempatkan pada folder yang akan dijadikan tempat penyimpanan file cadangan OperaMini teresbut. Pilih tempat aman, atau buat folder pada Memory Card.
  4. Selesai, sekarang Anda sudah punya data backup OperaMini, diantaranya: halaman tersimpan (save page), bookmark, serta pengaturan OperaMini sebelumnya.
Jadi, ketika OperaMini mengalami error, atau Anda menginstal ulang/update OperaMini kemudian ingin restore/mengembalikan semua data OperaMini sebelumnya, caranya adalah: copy semua file data backup-an tadi, kemudian menaruh kembali ke direktori folder asalnya, C:\System\Apps\OperaMini, atau E:\System\Apps\OperaMini.

Cara ini sudah di coba pada OperaMini 7 di Nokia E72

Nah, sekian dulu untuk hari ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.