Pengertian Malware


Apa itu Malware?
Malware atau Malicious Software, istilah lain adalah terinstalasinya sebuah aplikasi tanpa sepengetahuan user (Anda) dengan tujuan untuk merusak atau mengintai setiap aktivitas yang dilakukan pada komputer tersebut. 

Jenis Malware
Trojan, program ini mampu berkamuflase dan seakan-akan berguna dan tidak berbahaya bagi sistem komputer, akan tetapi program ini telah di desain untuk mengeksploitasi sistem komputer dan akan merusak pada sistem, aplikasi, atau program yang menjadi target atau dijangkitinya. 

Worms, program jenis ini bisa Anda kenali, worms menjangkiti sistem komputer dengan mereproduksi ulang dirinya dan menyebar ke seluruh sistem jaringan secara otomatis.

Virus, program memiliki level bahaya cukup tinggi, virus bisa mereplika dirinya menjadi suatu jebakan untuk menginfeksi sistem komputer, menulari program-program dan file-file, bahkan dapat merusak program dan file-file yang sudah terinfeksi oleh virus. 

Malicious Active Content, malware jenis ini bisa menunggangi file atau jenis script dinamik (Javascript, Java, Active X, atau Visual Basic) dan membawa kode-kode pengganggu program yang menginfeksi komputer melalui jalur download. Digunakan untuk menyebarluaskan virus, worms, junk-email, merekam informasi dari komputer, atau mengalihkan Anda dari situs asli ke situs phising.

Rogue Programs, program yang tidak memiliki legal notice atau keabsahan lain yang biasa tertanam dalam suatu instalasi software/hardware. Sebuah program yang tidak jelas dan biasanya terdekteksi oleh anti-spyware protection.

Dialers, adalah program instalasi modem dial-up internet connection. Sebagian internet provider (blacklists) menggunakan program ini untuk mendongkrak sistem tagihan koneksi internet Anda. Beruntunglah bagi anda yang menggunakan jalur internet broadband (seperti DSL atau LAN) karena biasanya komputer yang menggunakan koneksi internet seperti ini tidak membenamkan modem ke dalam sistem operasi komputer.

Trackware, ini adalah varian malware terbaru. Seperti sebutannya, program ini dapat merekam data-data dan informasi rahasia yang Anda lakukan dengan content provider asli (situs) dan mengalihkannya ke situs phising. Varian ini bisa menggabungkan adware, spyware, key loggers, dan sekaligus merekam cookies.

Bagaimana Walware menginfeksi komputer?
Malware dapat menginfeksi suatu sistem komputer melalui email dan internet atau melalui jalur unduhan/download. Tercatat 31% malware berasal dari situs-situs porno, atau mengunjungi URL/Link yang didapat dari hasil pencarian (search), P2P (peer to peer) seperti instant messaging (chat) dimana anda dapat bertukar file dengan lawan bicara Anda.

Efek Malware terhadap komputer?
Sistem komputer yang sudah terinfeksi malware akan terjadi penurunan performa dan sistem akan semakin lambat dalam memproses suatu program/software, munculnya jendela pop-up yang secara tiba-tiba saja terlihat pada desktop, proses booting menjadi lambat, browser yang mengarah (redirect) ke situs yang sama sekali tidak berhubungan dengan situs sebelumnya.

Pencegahan
Pada banyak kasus di beberapa sistem komputer yang sudah terinfeksi malware datang dari sebuah file attachment dan file/software unduhan yang tidak dikenali. 

Untuk pencegahan, sebaiknya jangan pernah membuka file yang dikirimkan dari alamat email yang tak dikenal. Jangan pernah menerima file (terutama yang berekstensi .jpg, .avi, atau .exe) dari pengirim yang tak dikenal. Jika Anda mencurigai komputer anda sudah terkena malware, berikut tips singkat yang bisa Anda lakukan:
  • Gunakan Anti-Virus yang uptodate.
  • Hati-hati dalam mendownload file/attachment/software yang kurang jelas sumbernya
  • Baca dan teliti sebelum menginstall sebuah software pada mode internet, baca semua persetujuan yang Anda terima
  • Scan komputer secara rutin dengan Anti-Virus yang uptodate, lakukan dengan mode full-scan

Semoga bermanfaat.